Detail Blog

SIDEDI - Urus Surat Administrasi Desa Jadi Mudah


Peningkatan profesionalisme Sumber Daya Manusia sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas pelayanan, mengingat bahwa sumber daya manusia aparatur pelayanan administrasi desa memiliki peran strategis di lingkup pemerintah desa.

Dengan hadirnya Sistem Informasi Desa Digital (SIDEDI) memberikan inovasi yang mampu meningkatkan kinerja aparatur desa dalam hal layanan administrasi desa yang dapat diakses secara online melalui situs resmi dan aplikasi di perangkat Android.

Melalui inovasi dalam hal tata kelola administrasi pemerintah ini, warga desa dan pemerintah desa bersama-sama belajar memanfaatkan teknologi untuk menuju Sumber Daya Manusia unggul 4.0. Dengan SDM yang unggul, desa dapat terus melahirkan inovasi agar desa semakin kuat, mandiri dan sejahtera.

LEBIH DEKAT DENGAN SIDEDI

Sidedi adalah sebuah platform pelayanan publik yang berfokus terhadap pelayanan di tingkat pemerintah desa, diantaranya layanan kami sediakan adalah Sistem Antrian Terpadu, Layanan Pembuatan Surat Mandiri, Elektronik Aduan (E-Aduan), Publikasi Dana Desa, Grafik Kependudukan, Website Informasi Desa dan lain-lain.

Dari berbagai layanan tersebut kami juga menyediakan paket bundling berupa mesin layanan satu pintu dan juga aplikasi berbasis mobile (android) yang tersedia di Google Play. Untuk mengunduhnya Anda dapat mengikuti tautan SIDEDI - Sistem Informasi Desa Digital.

Dengan berbagai platform pelayanan terpadu yang kami ciptakan bertujuan untuk mempermudah proses administratif, mempercepat pelayanan masyarakat di desa, sarana publikasi potensi desa, serta sebagai bentuk singkronisasi antara program pemerintah provinsi yakni menghadirkan layanan secara cepat, efektif, efisien, tanggap, transparan.

Disisi lain dengan adanya SIDEDI akan menjadi salah satu pendukung terwujudnya profram GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi) dari Dirjen Dikcapil Kemendagri.

MUDAHNYA MASYARAKAT MENGURUS ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

SIDEDI hadir untuk semakin memudahkan masyarakat desa yang akan mengurus administrasi kependudukan. Masyarakat tidak perlu ribet karena bisa mengurus langsung dari layar smartphone.

Total ada enam belas kemudahan yang bisa didapatkan masyarakat melalui SIDED, yakni:

  1. Surat Pengantar SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  2. Surat Pengantar Laporan Kehilangan
  3. Surat Pengantar Izin Keramaian
  4. Surat Pengantar
  5. Surat Kuasa
  6. Surat Keterangan Usaha
  7. Surat Keterangan Tempat Berdomisili Usaha
  8. Surat Keterangan Pergi Kawin
  9. Surat Keterangan Penghasilan
  10. Surat Keterangan Pengalihan Jamkesda
  11. Surat Keterangan Kurang Mampu
  12. Surat Keterangan KTP Dalam Proses
  13. Surat Keterangan Kelahian
  14. Surat Keterangan Jual Beli
  15. Surat Keterangan Belum Menikah
  16. Surat Keterangan Beda Identitas
  17. Surat Bepergian/Jalan

Masyarakat desa yang akan mengurus enam belas hal tersebut tidak perlu melewati tahapan-tahapan yang merepotkan seperti meminta surat pengantar RT, lalu RW, kemudian ke kantor kelurahan.

Mereka cukup mengunduh aplikasi SIDEDI - Sistem Informasi Desa Digital kemudian mengurus administrasi kependudukan melalui layar smartphone. Permohonan surat akan diterima operator didalam sistem informasi desa digital yang sudah terinstall di komputer kantor desa untuk selanjutnya tinggal mencetak dan mengkonfirmasi kepada pemohon bahwa surat sudah selesai.

FITUR / MENU DAN SCREENSHOT APLIKASI SIDEDI

Sistem Informasi Desa Digital merupakan aplikasi yang dibangun berbasis web dan android, sehingga menjadikan aplikasi ini ringan, mudah diinstall dan dapat digunakan dimana saja dengan sambungan internet.

Berikut ini screenshot fitur dan cara mengurus administasi kependudukan melalui aplikasi SIDEDI.

Autentikasi Pengguna

SIDEDI - Sistem Informasi Desa Digital

Pada tampilan awal ini terdapat dua fitur yakni form login pengguna dan tombol lewati. Form Login pengguna berguna untuk mayarakat yang ingin mengurus administrasi menggunakan SIDEDI melalui ponsel, sedangkan tombol lewati bergunga untuk melewati autentikasi pengguna, namun Anda tidak dapat menikmati fitur layanan mandiri untuk mengurus administrasi kependudukan.

Menu Utama

SIDEDI - Sistem Informasi Desa Digital

Pada menu utama ini berisi banyak menu yang dapat di akses oleh pengguna seperti, pantau berita, layanan mandiri, aduan desa, statistik, dana desa, staff desa, galeri desa dan peta desa.

Layanan Mandiri SIDEDI

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai alur pengajuan surat untuk pelayanan administrasi desa:

SIDEDI - Sistem Informasi Desa Digital

Setelah Anda melakukan login pengguna maka otomatis layanan mandiri dapat diakses dan dapat melakukan pengajuan surat sesuai surat yang sudah disediakan, Sebagai contoh kami mengajukan surat pengantar SKCK.

Mengurus Surat Keterngan SKCK

SIDEDI - Sistem Informasi Desa Digital

Pada tampilan ini terdapat formulir surat yang nantinya di isi sebagai keterangan keperluan mengurus surat keterangan SKCK di Polsek.

Permintaan Surat Anda Berhasil Terkirim

SIDEDI - Sistem Informasi Desa Digital

Setelah formulir surat yang dipilih sudah terisi dan di ajukan maka keterangan surat berhasil terkirim akan muncul dan Anda akan diarahkan pada tampilan Surat dan Riwayat Pengajuan Surat.

Riwayat Pengajuan Surat

SIDEDI - Sistem Informasi Desa Digital

Pada tampilan ini terdapat dua tab menu Surat Dijukan dan Surat Selesai. Yakni, Surat Diajukan artinya surat masih dalam proses pengerjaan oleh operator di kantor desa dengan menggunakan Aplikasi Surat Online Desa. Didalam menu Surat Selesai ialah daftar surat yang sudah pernah di ajukan oleh pengguna.

Notifikasi Surat Sudah Selesai

SIDEDI - Sistem Informasi Desa Digital

Setelah surat di proses oleh operator di kantor desa, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan langsung kedalam perangkat android dengan format pemberitahuan "Silahkan Datang Ke Kantor Balai Desa Untuk Mengambil Surat".

Datang ke balai desa dengan menunjukkan riwayat surat yang sudah dibuat, tunjukkan nomor surat yang ada pada surat yang diajukan.

Begitulah kemudahan yang Anda rasakan menggunakan Sistem Informasi Desa Digital (SIDEDI) untuk keperluan administrasi di desa. Segala jenis pertanyaan seputar Layanan Sidedi akan kami jawab dengan penuh senang hati dan untuk informasi pemesanan ikuti tautan Hubungi Kami.