Detail Blog

Pentingnya Sistem Informasi Desa untuk Pelayanan Publik Prima


Sistem Informasi Desa Digital (SIDEDI) untuk mempermudah pelayanan Pemerintah Desa kepada Warganya.

Jika Anda adalah seorang pegawai di pemerintah desa, sudah seharusnya Anda menggunakan sistem informasi desa digital. Sistem Informasi Desa Digital atau yang biasa disebut dengan SIDEDI merupakan sebuah aplikasi berbasis web dan platform android yang digunakan untuk mengelola data di desa.

SIDEDI yang rancang sebagai sistem pendukung untuk pelayanan sekaligus media informasi di kantor desa. Fungsi yang dapat dilakukan anatara lain administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, layanan publik dan lain sebagainya.

Sejatinya, sistem informasi desa harus dikembangkan oleh pemerintah atau pemerintah daerah, sebagaimana tertulis dalam undang-undang desa. Pelaksanaannya bisa menggunakan APBN, APBD, ataupun APBDes tergantung dengan kondisi yang ada pada daerah tersebut. Undang-undang yang mewajibkan Sistem Informasi Desa tersebut berada pada pasal 86 dan berbunyi sebagai berikut:

  1. Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
  2. Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.
  3. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.
  4. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.
  5. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan.
  6. Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.

Adapun, manfaat dari penggunaan Sistem Informasi Desa Digital (SIDEDI) ini sangat banyak. Bisma Labs selaku pengembang akan menjabarkannya untuk Anda.

1. Pelayanan Cepat

Bagi pemerintah desa yang telah menggunakan SIDEDI akan merasakan kecepatan dalam pelayanan publik di lingkup desa. Operator desa hanya perlu melihat daftar surat yang sudah diajukan warga melalui aplikasi yang sudah di install di perangkat android. Tautan berikut ini akan menuntun Anda untuk mengunduh Sistem Informasi Desa Digital di Playstore.

2. Cukup di Android Untuk Mengurus Surat Desa

Selain pelayanan cepat yang dirasakan pemerintah desa dalam mengelola surat yang diajukan warganya. Warga desa akan merasakan manfaat dan kemudaha dengan layanan Sistem Informasi Desa Digital (SIDEDI) di perangkat Android mereka. Warga desa hanya cukup membuka aplikasi SIDEDI, pilih surat yang akan diajukan lalu masukkan NIK serta keterangan pendukung dari surat yang sudah di pilih. Alur pengajuan surat dapat di ikuti di tautan Cara Mudah Mengajukan Surat di Sistem Informasi Desa Digital (SIDEDI).

3. Media Penyambung Informasi di Desa

Media informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat desa, dengan bentuk Informasi Digital akan memudahkan warga desa mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Baik informasi dalam bentuk berita, pengumuman, agenda atau pelaporan hasil dari kinerja pemerintah desa.

4. Bentuk Transparasi Pemerintah Desa

SIDEDI bekerja untuk mempermudah transparasi pemerintah desa kepada warga. Seperti saat ketika operator desa menginput dana APB Desa untuk pelaporan, saat itu juga transparasi anggaran akan muncul pada website desa dan juga di aplikasi android Sistem Informasi Desa Digital.

5. Gunakan E-Aduan Sebagai Kritik dan Saran

Selain layanan mandiri terkait administrasi di desa. SIDEDi juga mempermudah warga desa dalam menyalurkan aspirasi mereka terkait keadaan yang terjadi didesa baik berupa kritik dan saran yang dapat mereka kirimkan melalui aplikasi SIDEDI di android atau melalui website desa.